Tuesday 19 April 2016

Proposal Usaha Aksesoris

NB: PROPOSAL/MAKALAH INI HANYA UNTUK REFERENSI DAN BELUM TENTU KEBENARAN DARI ISINYA. Peace
PROPOSAL
KEWIRAUSAHAAN
“BRACELET SHOP”

DISUSUN OLEH:
SAPUTRI GUSTINA RAHMAN                   1501071029
EKO DESKI RIYENDI                                   1501072044
RINA MAIPUTRI                                            1501072050
1A D3-AKUNTANSI




TAHUN AKADEMIK 2015/2016
POLITEKNIK NEGERI PADANG




HALAMAN PENGESAHAN
PROPOSAL USAHA “BRACELET SHOP”


Dalam Rangka Praktek Kewirausahaan
Politeknik Negeri Padang
Tahun Akademik 2015/2016



Oleh Kelompok 1
1A D3-Akuntansi




Mengetahui/Menyetujui:
Dosen Pembimbing                                                                     Kelompok 1
       Ketua



                 Ermataty Hatta, Dra., M.Si                                                       Eko Deski Riyendi                 







BAB I
PENDAHULUAN
1.1.      Latar Belakang
Saat ini banyak sekali remaja yang mengutamakan penampilannya, mereka sering menggunakan aksesoris untuk menunjang penampilannya ketika di sekolah, kampus, lingkungan tempat ia tinggal, atau ketika sedang hang out dengan teman-temannya. Mulai dari menggunakan bando, cincin, gelang, kalung, anting, pita, jepitan, ikat rambut, bros, dan lain sebagainya. Dari situlah penulis tertarik untuk membuat rencana bisnis menegenai usaha penjualan aksesoris berupa gelang.
Dalam menjalankan suatu bisnis yang pertama adalah bagaimana kita menciptakan suatu inovasi baru, dimana nantinya aksesoris yang ingin penulis  pasarkan adalah aksesoris yang unik, awet, dan dijamin digemari oleh para remaja.
Dalam menjalankan suatu bisnis tidak lupa juga kita harus berani mencoba, jangan takut gagal dan berani megambil resiko yang mungkin terjadi.

1.2.      Profil Usaha
Bidang Usaha                             : Aksesoris
Jenis Produk                               : Gelang
Pemilik Usaha                            : Saputri Gustina Rahman
                                                     Eko Deski Riyendi
                                                     Rina Maiputri
Nama Penanggungjawab           : Ermataty Hatta, Dra., M.Pd
Visi                                             : Menghasilkan produk yang berkualitas, ramah lingkungan
  dan disenangi banyak orang serta mampu memberikan
  pelayanan prima bagi konsumen.
Misi                                            : - Menggunakan bahan yang aman dan nyaman.
-   Menarik konsumen dengan produk yang unik dan harga yang terjangkau.
-   Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada  
konsumen.




BAB II
PEMBAHASAN
2.1.   Aspek Pemasaran
2.1.1.      Segmen Pasar
Target konsumen adalah masyarakat di daerah sekitar dari semua golongan baik usia muda maupun tua.

2.1.2.      Strategi Pemasaran
Dalam penjualan dan pemasaran produk ini, ada beberapa strategi yang digunakan yaitu :
-          Menetapkan harga yang relatif murah agar semua masyarakat dapat menjangkau harganya.
-          Tempat penjualan yang strategis.
-          Melakukan pelayanan yang terbaik yaitu dengan menerapkan pelayanan prima, sopan dan ramah.
-          Memenuhi kepuasan dan permintaan konsumen.

2.1.3.      Promosi
-          Dengan memasang papan nama di depan tempat usaha.
-          Langsung memasarkan barang ke konsumen (face to face).
-          Dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh konsumen yang pernah mengkonsumsi.

2.1.4.      Sistem Penjualan
Sistem penjualan yang digunakan dalam penjualan produk ini adalah langsung dan menerima pesanan melalui telepon atau secara langsung.





2.2.      Aspek Finansial
2.2.1.      Sumber Modal
Satuan Rupiah (Rp)
Kas
200.000,00
Peralatan
-          Jarum jahit
1.500,00

-          Tang aksesoris
30.000,00
-          Penggaris
6.000,00
-          Gunting
5.000,00
Jumlah peralatan
42.500,00
Total Modal
242.500,00

2.2.2.      Anggaran Bahan
Anggaran dari bahan-bahan yang akan kami gunakan yaitu:
Satuan Rupiah (Rp)
Nama Bahan
Jumlah
Harga Satuan
Total
Mutiara
1
15.000,00
15.000,00
Pengait
10
1.000,00
1.000,00
Nilon karet
1
10.000,00
10.000,00
Benang jahit
1
2.000,00
2.000,00
Charm
2
5.000,00
10.000,00
Tali suede
4
5.000,00
20.000,00
Benang katun
1
2.000,00
2.000,00
Benang sulam
4
1.500,00
6.000,00
Tali kepang
2
3.500,00
10.000,00
Pita
2
3.000,00
6.000,00
Tali sepatu
3
5.000,00
15.000,00
Kancing
2
2.500,00
5.000,00
Kawat penjepit
2
2.000,00
4.000,00
Total Anggaran
106.000,00

2.3.      Aspek Produk
2.3.1.       Jenis Produk Usaha
Usaha ini akan memproduksi dan menjual aksesoris berupa gelang bahan bakunya adalah tali sepatu, benang sulam, pita, tali beludru, tali kepang, dan sebagainya. Produk yang dihasilkan dapat beraneka jenis yang disesuaikan dengan tren masa kini.

2.3.2.      Proses Produksi
1)      Cara Membuat Gelang Fishtail Braids
Bahan dan peralatan:
-          Benang katun (selain ini juga bisa menggunakan benang sulam, tali satin/cina, rope/paracord dan tali nilon).
-           Kancing
-          Gunting
Proses pembuatan:
-          Menggunakan dua warna yaitu biru dan kuning. Potong benang sepanjang 75cm sebanyak 2x setiap warna.
-          Satukan kedua benang tersebut dan lipat benang menjadi dua bagian, ikat ujungnya dan sisakan untuk jalan masuk kancing.
-          Bagi benang dan kelompokan sesuai dengan warnanya.
-          Kemudian buat menjadi kepangan sampai panjang gelang yang diinginkan.
-          Jika sudah mencapai panjang gelang yang dinginkan, buatlah simpul pada ujung kepang agar kepangan tidak lepas.
-          Sisakan satu benang untuk mengikat kancing, sisanya gunting kelebihan benang-benangnya.
-          Masukan benang kedalam lubang kancing, Lalu ikat dan buatlah simpul 2x agar kancing tidak lepas
-          Gelang siap untuk digunakan.

2)      Cara Membuat Braided Leather Tassel Bracelet
Bahan dan peralatan:
-          3 tali kulit atau beludru warna
-          3 kawat cincin
-          2 kawat ikat penjepit
-          1 kunci gelang
-          Tang
Proses pembuatan:
-          Samakan ukuran panjang tiga tali, satukan dengan kawat penjepit, eratkan dengan tang. Pasang satu kawat cincin pada ujungnya. Dan pasang kunci gelang. Eratkan lagi dengan tang.
-          Kepang tali dengan rapi hingga ujung. Satukan ujungnya dan eratkan dengan kawat penjepit. Pasang kawat cincin.
-          Buat hiasan gelang dengan sisa tali. Jika suka dengan bandul-bandul lain, bisa juga memakai bandul dan pasang di bagian ujung atau tengah gelang dengan kawat cincin.
-          Gelang siap untuk digunakan.

2.4.   Analisis SWOT
2.4.1.      Strength (Kekuatan)
Kekuatan dari usaha aksesoris gelang ini merupakan suatu usaha yang sangat berkembang. Barang-barangnya didesain dengan tangan sendiri dan tidak mengambil dari pihak luar, selain itu produk kami nantinya disesuaikan dengan pasar dan tren yang sedang berkembang.

2.4.2.      Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari usaha ini yaitu karena usaha ini sudah banyak di kota Padang maka jumlah pesaing menjadi banyak. dan juga untuk menghasilkan produk yang berkualitas harus memilih bahan baku yang berkualitas pula, dan harganya tentunya mahal. Sehingga ketika dijual dengan harga yang mahal pula dikhawatirkan sulit untuk menembus pasar.


2.4.3.      Opportunity (Peluang)
Peluang bisnis ini yaitu mempunyai potensi cukup besar, karena para remaja menyukai produk aksesoris semacam ini, karena produk ini didesain sesuai dengan selera dan mengikuti trend yang ada.

2.4.4.      Threat (Ancaman)
Ancaman dari bisnis ini yaitu banyaknya pesaing yang menampilkan desain, gambar yang sedang booming di pasaran sekarang ini.


2 comments:

  1. Artikel yang menarik sekali bapak dan ibu, saya sangat suka membaca artikelnya.
    Jika Anda sedang berlibur atau saat ini sedang mencari jasa rental mobil murah
    didaerah jabodetabek, Kokorent car jasa rental mobil jabodetabek menyewakan :
    rental mobil depok
    rental mobil bogor
    rental mobil jakarta

    ReplyDelete